Liga ChampionsLionel Messi tidak pernah menyembunyikan ambisinya untuk kembali memenangkan Liga Champions lagi. Namun, jika Barcelona terus bermain buruk seperti ini, impian Messi tidak akan pernah menjadi kenyataan.

Superstar Los Cules ini sudah menginjak usia 32 tahun, sudah dekat dengan tahun-tahun pensiunnya. Messi terakhir kali merasakan juara kompetisi Eropa pada tahun 2015 silam. Sudah lama dia merindukan trofi tersebut.

Messi adalah salah satu pemain terbaik dunia sepanjang masa, sudah mendapatkan empat kesempatan meraih trofi Liga Champions. Namun, dia hanya bisa menjadi juara satu kali dalam delapan tahun terakhir.

Musim ini Messi membawa harapan besar, yang sepertinya akan kembali jadi kekecewaan. Dua musim terakhir, Los Azulgrana menangis di Liga Champions. Mereka tersingkir memalukan di tangan AS Roma dan Liverpool. Barca unggul besar di putaran pertama hanya untuk tampil mengecewakan di putaran kedua.

Fase Grup sudah hampir mendekati akhir namun Barca masih belum menunjukkan perkembangan signifikan. Hasil imbang 0 – 0 dengan Slavia Praha, Rabu (6 November 2019) dini hari WIB tadi terbilang buruk.

Benar, Barca memang masih memuncaki papan klasemen sementara Grup F dengan perolehan 8 poin dari 4 pertandingan, namun sejauh ini, Lionel Messi dan rekan-rekannya belum pernah menunjukkan performa yang meyakinkan di Liga Champions.

Melawan tim sekelas Slavia Praha saja Barca gagal mencetak gol, apalagi menghadapi tim-tim yang lebih tangguh pada fase gugur nanti. Hanya karena pemain-pemain spesial seperti Messi dan Marc-Andre ter Stegen, Barca bisa bertahan sejauh ini.

Messi adalah pemain terbaik Barcelona, namun hanya mengandalkan Messi saja tentu tidak cukup. Sepak bola adalah soal 11 pemain melawan 11 pemain, bukan Lionel Messi melawan 11 pemain. Ernesto Valverde sepertinya tidak punya strategi selain mengandalkan Messi. Performa Barca buruk, strategi juga tidak jelas. Antoine Griezmann disia-siakan sebagai winger kiri. Frenkie de Jong bermain buruk.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *