Liga Inggris – Rumor tentang kepergian Josep Guardiola dari Manchester City kembali mencuat. Manajer asal Spanyol itu disebut akan meninggalkan City pada akhir musim ini.

Josep Guardiola telah menjadi juru taktik Manchester City sejak musim panas 2016 alias tiga tahun silam. Musim lalu, Guardiola menandatangani perpanjangan kontrak untuk Manchester City hingga 2021.

Itu artinya Josep Guardiola perlu tinggal selama dua tahun lagi di Manchester City. Namun, manajer berkepala plontos ini kembali dirumorkan akan angkat kaki dari Etihad Stadium pada akhir musim panas ini.

Kabar tersebut sempat membuat banyak supporter Manchester City heboh. Laporan menyebut supporter telah memberi peringatan kepada manajemen klub. Mereka meminta manajemen segera menghubungi Tottenham Hostspur, Mauricio Pochettino, untuk menggantikan Josep Guardiola.

Ini bukan pertama kalinya Guadiola diterpa gosip tersebut. Sejak November 2019, Mantan manajer Barcelona dan Bayern Munchen ini sudah sering dikabarkan akan pergi dari Inggris dalam waktu dekat. Bahkan, beberapa media menyebut Guardiola akan pulang ke klub lamanya, Bayern Munchen. Berikut ini alasan yang bisa membuat Guardiola meninggalkan Manchester City

Kurang Cocok dengan Atmosfer Premier League
Josep Guardiola sempat dikabarkan tidak cocok dengan atmosfer Premier League, khususnya tentang penggunaan VAR. Salah satu contohnya ketika Manchester City mengunjungi Stadion Anfield pada 11 November 2019. Saat itu, tangan bek Liverpool, Trent Alexander-Arnold, tampak mengenai bola di kotak penalti.

Sergio Aguero sangat yakin bahwa tangan bek Liverpool itu mengenai bola, namun tidak terbukti dalam tayangan ulang dalam VAR. Guardiola sangat kesal atas insiden tersebut. Ia dikabarkan meminta kejelasan tentang aturan VAR yang dianggap merusak citra Premier League itu.

Kontrak Baru Memungkinkannya Pergi
Josep Guardiola memiliki bunyi kontrak yang menguntungkan. Ada opsi “break clause” dalam kontrak yang telah diperbarui musim lalu itu. Itu artinya, Josep Guardiola boleh angkat kaki dari Etihad Stadium pada pada akhir musim panas ini. Rumor ini telah menyebar dan membuat beberapa suporter Manchester City heboh.

Mereka bahkan telah meminta manajemen klub untuk mencari pengganti Josep Guardiola. Sejauh ini, Mauricio Pochettino adalah nama yang disetujui supporter Manchester City untuk jadi pengganti Josep Guardiola.

Masalah Keluarga
Pertimbangan ketiga yang membuat Josep Guardiola bisa pergi dari Manchester City pada akhir musim panas ini adalah masalah keluarga. Kabar tersebut bahkan telah terdengar sejak pertengahan bulan November 2019. Istri Guardiola, Cristina, dikabarkan sudah pulang ke Catalan bersama anak perempuannya. Sejumlah media menyebut istri Guardiola tidak kerasan tinggal di Manchester.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *